Web Hosting

Keindahan Alam Kalimantan Selatan

Pantai Tanjung Dewa Yang Menawan

Kalimantan Selatan sangat kaya akan potensi keindahan alamnya. Setiap orang pasti akan berdecak kagum saat menikmati keindahan alam Kalimantan Selatan. Tidak sedikit para wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang telah menginjakkan kaki di bumi Lambung Mangkurat ini dan ingin kembali lagi untuk menikmati keindahan alam Kalimantan Selatan. Selain keindahan alam, keramah-tamahan warganya juga menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.
Bisa dibilang setiap kabupaten/kota di Kalimantan Selatan memiliki objek wisata andalan. Kabupaen Tanah Laut misalnya, banyak objek wisata yang terdapat di kabupaten ini. Karena letaknya berbatasan langsung dengan laut Jawa, maka tidak heran jika kabupaten Tanah Laut memiliki pantai sebagai objek wisata andalanya. Objek wisata pantai yang cukup terkenal adalah pantai Batakan dan pantai Takisung.
Ada satu pantai yang mungkin hanya sedikit orang saja yang mengetahuinya, padahal potensi keindahan alamnya tidak kalah indahnya dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Dewa.
dsc00889 
Salah Satu Pemandangan Menuju Pantai Tanjung Dewa
Pantai Tanjung Dewa terletak di Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut. Hanya dengan menempuh jarak sekitar 100 km dari kota Banjarmasin maka kita sudah tiba di pantai Tanjung Dewa. Jarak yang tidak terlalu jauh ini memungkinkan kita untuk dapat berakhir pekan ke pantai Tanjung Dewa ini kapanpun kita mau. Perjalanan menuju pantai Tanjung Dewa ini sangat tidak membosankan karena kita akan melintasi areal persawahan dan pegunungan yang hijau dan indah. Sangat cocok untuk melepaskan kepenatan terhadap rutinitas harian kita.
dsc00817Beberapa pantai di Kalsel lebih menonjolkan pesona pasirnya, namun pantai Tanjung Dewa sedikit berbeda yaitu dengan keindahan karangnya yang lebih mempesona. Pantai Tanjung Dewa memiliki 2 bagian, ada bagian yang berpasir dan ada juga yang berkarang. Jika kita duduk di atas salah satu karangnya, maka sangat tepat untuk menikmati landscape pantai dan laut secara bersamaan. Tidak hanya itu saja, selain bisa menikmati keindahan laut dan pantai kita juga bisa menikmati keindahan pegunungan dari kejauhan. Saat cuaca cerah lekuk-lekuk gunung akan sangat jelas terlihat.

Pantai Batakan

Pantai Batakan terletak di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut (Tala), sekitar 125 kilometer arah timur dari Kota Banjarmasin (Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan). Untuk mencapai lokasi Pantai Batakan, dari Kota Banjarmasin relatif mudah karena kondisi jalannya cukup baik. Walaupun jalannya berkelak-kelok dan turun-naik, tetapi menyajikan pemandangan alam yang indah berupa barisan perbukitan yang menghijau, hamparan persawahan yang menguning, serta perkampungan nelayan yang berada di tepi pantai.
Pantai Batakan merupakan obyek wisata bahari yang terpadu dengan panorama alam pegunungan, karena di sebelah timurnya terdapat perbukitan pinus yang menjadi bagian dari Pegunungan Meratus. Di pantai ini pengunjung dapat mengelilingi pantai sambil menggunakan kuda sewaan, bersantai di bawah pohon cemara sambil menikmati keindahan pantai, atau menyaksikan panorama alam terutama saat matahari akan terbenam (sunset). Selain berwisata di sekitar pantai, pengunjung juga dapat berkunjung ke Pulau Datu yang letaknya tidak berapa jauh di depan Pantai Batakan. Di pulau ini terdapat sebuah obyek wisata religius yaitu makam Datu Pamulutan, seorang ulama yang dianggap sebagai wali Allah.

Pantai Takisung
pantai takisungPantai Takisung adalah merupakan obyek wisata pantai yang mempesona dengan pemandangan pantai dengan aktivitas jual beli ikan segar maupun ikan kering langsung dari nelayan. Ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikan Pantai Takisung aman untuk dikunjungi para wisatawan.  Pantai Takisung terletak di Kecamatan Takisung yaitu sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. 




Danau Riam Kanan

danau riam kanan - Banjarmasin 
Danau Riam Kanan terletak di Desa Aranio, Banjarmasin. Letaknya sekitar 65 km dari Kota Banjarmasin. Danau Riam Kanan merupakan bagian terpenting dari Taman Hutan Raya Sultan Adam karena terdiri dari beberapa tempat wisata, seperti Air Terjun Surian, Riam bagugur dan Hutan Pendidikan



Artikel Terkait



0 Tinggalkan Komentar Anda:

Posting Komentar