Web Hosting

Kerumunan Bintang di Flickr


Coba cek Yahoo! Flickr. Buka koleksi foto ESO Hidden Treasures. Anda akan menemukan foto-foto antariksa mengagumkan olahan fotografer amatir dan astronom amatir yang punya sense artistik.
Foto-foto tersebut merupakan hasil kompetisi yang digelar European Southern Observatory (ESO) yang bertajuk Hidden Trasures Astrophotography Contest. Dalam lomba itu, ESO meminta pesertanya untuk mengolah citra angkasa hitam putih yang berhasil ditangkap menjadi foto-foto menarik.
Salah satu koleksi foto terbaik adalah yang dijepret oleh Igor Cheakalin dari Rusia. Ia berhasil mengubah citra Nebula Orion yang milik ESO menjadi foto nebula yang menawarkan warna natural seperti pink dan biru. Dalam mengolahnya, ia mencoba menggunakan beberapa kombinasi baru channel.
Foto lainnya menunjukkan citra 3 galaksi spiral, yaitu NGC 3169, NGC 3166 dan NGC 3165. NGC 3169 adalah galaksi spiral yang terletak di konstelasi Sextans. Galksi ini secara memiliki interaksi dengan galaksi NGC 3166 yang terletak berdekatan dengannya.
Selain foto Igor, terdapat pila foto M Rasid Tugral yang menunjukkan NGC 288, kluster globuler di konstelasi Scluptor. Dalam citra olahannya, NGC 288 tampak seperti citra kerumunan ribuan bintang. Tugral juga mengolah citra Messier 74, galaksi spiral di konstelasi Pisces.
Pihak ESO mengatakan, memroses citra angkasa tergolong sulit, membutuhkan dukungan alat yang kompleks seperti Scisoft. Tapi para amatir ini bisa melakukan sebaik para profesional. Dikatakan, pemenang kontes ini akan memenangkan trip ke Chile.

Artikel Terkait



0 Tinggalkan Komentar Anda:

Posting Komentar