Web Hosting

Keindahan Alam Jawa Timur

* Pantai Klayar
    Pacitan ternyata menyimpan kecantikan alam yang tersembunyi. Pantai Klayar, Sebuah pantai nan cantik dengan karang yang eksotis siap memanjakan Anda yang datang. Sayang, akses menuju ke pantai itu sangat sulit.
  Pantai Klayar berada di daerah Kalak wilayah kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak.


  Pantai Klayar memang lebih dikenal wisatawan asing daripada wisatawan lokal. Baik karena pemandangan yang masih alami juga hamparan karang yang eksotis. Menuju kabupaten tempat lahir Presiden SBY ini, dari Yogyakarta perjalanan ditempuh 3 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Keistimewaan : 
  • Pantai Klayar memiliki keindahan yang benar-benar mempesona. Pantai ini adalah pantai alami, tidak banyak campur tangan manusia di sini. Posisinya sangat jauh dari keramaian maupun kota Pacitan sendiri. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 3 jam naik sepeda motor dari jantung kota Pacitan dengan kecepatan rata-rata 50-60 Km/Jam lewat jalan tembusan. Tempatnya pun naik turun bukit yang terjal. Namun bagi pengejar landscape dan backpacker, keindahan yang ditawarkan akan sangat sepadan dengan kerunyaman transportasi dan jarak

     Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda. Di Pantai Klayar juga terdapat air terjun kecil setinggi kurang lebih 2 meter.


* Pantai Papuma
    Pantai Papuma adalah salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Jember yang dikembangkan oleh Perum Perhutani II Jawa Timur. Pantai Papuma merupakan objek wisata alam yang memadukan keaslian pesona pantai dan hutan. Terletak 37 kilometer di sebelah selatan kota Jember dan berada pada jalur Bromo-Ijen-Bali, pantai dengan luas 25 hektar ini, jika dilihat dari atas, terlihat seperti lengkungan elips. Pasir pantai berwarna putih melengkapi citranya menyerupai telur.
    Tidak sulit mencapai Pantai Papuma. Jika Anda menempuh perjalanan dari Surabaya, hanya perlu waktu 1-2 jam dengan kecepatan sedang. Kalau tidak membawa kendaraan sendiri, Anda bisa memakai kendaraan umum patas AC dengan trayek Surabaya-Jember.
Surabaya-Jember bisa juga dicapai dengan kereta api. Dari Jember, biasanya disambung dengan taksi atau angkutan pedesaan yang biasanya banyak beroperasi di pagi hari.



    Jika rata-rata nama pantai merujuk pada nama wilayah administratif, Anda tidak akan menemukan satu wilayah pun dengan nama Papuma, baik itu desa, dusun, maupun kecamatan, sebab nama Pantai Papuma adalah akronim dari Pantai Pasir Putih Malikan.

Secara administratif, pantai ini masuk ke dalam wilayah Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten     Jember, Jawa Timur atau sekitar 235 kilometer dari kota Surabaya.
   Garis Pantai Papuma diawali dari titik puncak Tanjung Papuma dan melingkar sepanjang 25 kilometer. Pepohonan rimbun berbaris rapi-rapat di sepanjang tepinya seperti melakukan upacara penghormatan kepada pantai yang dijaga para dewa.

Wisata Alam Perawan :
    Pantai Papuma menyajikan pemandangan alam perawan yang sepi dari jarahan tangan-tangan manusia. Ini terlihat dari gugus hutan vegetasi di sepanjang tepi dan sekumpulan pohon pandan yang menjaga pantai dari abrasi.
   Pohon pandan terbilang unik. Daunnya bersirip dengan akar-akar mencuat ke permukaan tanah. Bentuk buahnya menyerupai durian berlapis-lapis berwarna hijau dan kuning jingga. Sayang, buah pandan tidak bisa dimakan.

Kesempurnaan Wisata : 
    Selain panorama alam dengan gugusan batu karang di tengah laut serta pasir putih lembut di sepanjang pantai yang bisa Anda nikmati kapan saja, Pantai Papuma menyajikan pesona wisata lain yang semakin menegaskan bahwa komposisinya adalah kesempurnaan wisata yang sulit dicari tandingannya.

    Semua itu belum termasuk siti hinggil yang eksotis, berupa batu karang dengan ketinggian 50 meter di atas permukaan laut yang biasa dijadikan tempat wisatawan menikmati panorama laut secara sempurna. Di saat-saat tertentu, Anda juga bisa menyaksikan upacara adat larung sesaji.
    Pantai Papuma yang mengusung kealamian hutan dan pantai, bukan berarti meninggalkan fasilitas-fasilitas umum berbasis masyarakat modern. Pengelola secara seimbang mengembangkan sarana-sarana umum, seperti taman bermain, tempat kemah, mushala, MCK, tempat parkir, gazebo. Bahkan, wisma menginap yang dilengkapi AC.

* Kawah Ijen
   Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang merupakan salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Kelud. Kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.
 

  Kawah Ijen terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Yang menarik adalah kawah ini terletak di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitar 20 kilometer. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.
   Saat pagi hari, ketika matahari mulai menyinari kawasan Kawah Ijen, pemandangan yang indah dapat Anda nikmati. Kawah Ijen yang berwarna hijau kebiruan akan ditambah cahaya matahari yang berwarna keemasan memantul di kawah tersebut. Pemandangan menakjubkan juga dapat Anda peroleh dengan menyaksikan pesona keindahan Gunung Merapi yang berdekatan (di Jawa Timur juga terdapat gunung yang memiliki nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi). Gunung Merapi memiliki kemiripan bentuk dengan Gunung Ijen. Saat yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan Ijen adalah pada pagi hari.
   Untuk menuju Kawah Ijen, Anda harus menyusuri jalan setapak menyusuri tebing kaldera. Jangan lupa membawa penutup hidup karena kadang asap belerang tertiup angin melewati jalur tersebut. Anda juga dapat mengelilingi kaldera di kawasan ini yang memakan waktu mencapai 8 hingga 10 jam berjalan kaki.

* Taman Nasional Bromo

    Taman Nasional Bromo-Semeru-Tengger merupakan satu satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian 2392 m dari permukaan laut. Pegunungan Bromo-Semeru, merupakan pegunungan yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Kawasan wisata ini menjanjikan sebuah keindahan yang tak bisa anda temui di tempat lain. Dari puncak gunung berapi yang masih aktif ini, anda bisa menikmati hamparan lautan pasir seluas 10km persegi, yang merupakan kaldera dari letusan gunung bromo purba. Selain itu anda juga dapat menyaksikan kemegahan gunung Semeru yang menjulang menembus awan. Suhu di kawasan ini mencapai  mencapai 10 derajat bahkan sampai 0 derajat Celsius saat menjelang pagi. Maka, Anda hendaknya mempersiapkan pakaian dingin, topi kupluk, sarung tangan, kaos kaki, syal untuk mengatasinya. Tapi, bila Anda melupakan perlengkapan tersebut, ada banyak penjaja keliling yang menawarkan dagangannya berupa topi, sarung tangan, atau syal.

     
    Selesai menyaksikan matahari terbit, Anda dapat kembali menuruni Gunung Pananjakan dan menuju Gunung Bromo.  Untuk mencapai kaki Gunung Bromo, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan. Sebaliknya, Anda harus menyewa kuda dengan harga Rp 70.000,- atau bila Anda merasa kuat, Anda dapat memilih berjalan kaki. Tapi, patut diperhatikan bahwa berjalan kaki bukanlah hal yang mudah, karena sinar matahari yang terik, jarak yang jauh, debu yang berterbangan dapat membuat perjalanan semakin berat.
    Sekarang, Anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 250 anak tangga untuk dapat melihat kawah Gunung Bromo. Sesampainya di puncak Bromo yang tingginya 2.392 m dari permukaan laut, Anda dapat melihat kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap. Anda juga dapat melayangkan pandangan Anda kebawah, dan terlihatlah lautan pasir dengan pura di tengah-tengahnya. Benar-benar pemandangan yang sangat langka dan luar biasa yang dapat kita nikmati.

* Pulau Sempu
    Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.


    Perjalanan ke pulau Sempu, dapat ditempuh sekitar 4 jam dari kota Malang menuju pelabuhan Sendangbiru menggunakan kendaraan bermotor atau angkutan umum. Sendangbiru merupakan merupakan pelabuhan nelayan yang menjadi pintu gerbang masuk pulau Sempu. Setibanya di pulau Sempu Anda harus melewati hutan lebat dengan medan yang ekstrim selama kurang lebih dua jam untuk tiba di segara Anakan dimana anda bisa mendirikan tenda dan bermalam di sana. Perlu diketahui bahwa tidak ada fasilitas apapun di pulau tersebut. Anda harus mempersiapkan berbagai keperluan Camping dan perbekalan yang mencukupi untuk persediaan selama Anda bermalam di pulau tak berpenghuni tersebut.


   Berbagai keindahan alam  yang terpapar indah, deburan ombak samudera Hindia yang dahsyat, bintang yang bersinar sangat terang terhampar memenuhi langit dapat anda lihat dengan jelas di malam hari, pantai Segara Anakan yang berpasir putih dan berair biru jernih, bukit bukit karang yang menjulang tinggi dihempas debur ombak semuanya akan menjadi bayaran atas rasa lelah yang anda rasakan untuk bisa sampai du pulau ini.






Artikel Terkait



1 Tinggalkan Komentar Anda:

Unknown mengatakan...

keren gan informasinya, sangat membantu

rental mobil

Posting Komentar