Web Hosting

Keindahan Alam Sulawesi

* Bunaken
     
     Bunaken terletak di teluk Manado yang terletak di kepulauan Sulawesi Utara. Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km2. Pulau ini adalah bagian dari kota Manado. Untuk menuju ke pulau ini dapat ditempuh dengan speed boat dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Disekitar pulau bunaken terdapat empat pulau yang sekitar pantainya juga mempunyai bawah laut yang indah. Ada Pulau Manado tua, Pulau Siladen, Pulau Mentehage dan Pulau Naen.

    Di taman laut ini terdapat biodiversitas yang merupakan salah satu kecantikan laut tertinggi di dunia. Dengan menyelam, Anda dan keluarga dapat menikmati keindahannya. Sedangkan taman laut bunaken sendiri memiliki 20 titik Wisata Bawah Laut yang dapat Anda selami keindahannya, tentunya dengan kedalaman yang berbeda.
    Bunaken memiliki sekitar 91 jenis ikan yang berenang mengelilingi lautannya dan sekitar 13 jenis genera karang hidup. Karang tepi dan terumbu karang penghalang ikut mendominasi perairan Taman Nasional Bunaken. Airnya yang biru luar biasa sangat jernih. Sehingga ikan-ikan dan aktifitas laut dapat Anda lihat dari atas.


    Di sekitar Taman Nasional Bunaken juga terdapat ekosistem hutan bakau yang tak kalah Indahnya. Didalam hutan dan sekitarnya banyak terdapat jenis hewan seperti kepiting, udang, moluska, beraneka ragam burung laut, dan penyu sisik, salah satu hewan yang sangat dilindungi.

* Gunung Bawakaraeng
   Ada mulut Tuhan di Gunung Bawakaraeng. Jangan kaget dengan pernyataan ini karena Bawakaraeng memang berarti Mulut Tuhan (bawa = mulut dan karaeng = tuan, Tuhan). Terletak di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, gunung ini memiliki ketinggian 2830 m dari permukaan laut. Gunung ini tergolong salah satu gunung tertinggi di Sulawesi Selatan dan kerap didatangi para pendaki.


Jika ingin mencoba mendaki gunung ini, Anda dapat menempuh jalur melalui Makassar - Malino – Kampung Beru – Desa Lembanna. Jalur ini relatif lebih mudah dan umum ditempuh daripada jalur Makassar – Sinjai - Tassoso yang lebih jauh.


Malino
   Jika berkunjung ke Sulawesi Selatan, ada baiknya anda mengunjungi Malino. Lokasinya tidak jauh dari Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Jaraknya hanya sekitar 70 km dari Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Malino adalah salah satu maskot pariwisata Gunung Bawakaraeng bahkan maskot propinsi Sulawesi Selatan. Daerah ini termasuk salah satu tujuan utama wisata.


   Berada di lereng Gunung Bawakaraeng menjadikan daerah ini sejuk dan nyaman. Suasananya hampir sama dengan wilayah Puncak di Jawa Barat. Terdapat banyak penginapan jika Anda memutuskan untuk menikmati Malino lebih lama. Bahkan beberapa kelompok pendaki dan pencinta alam mendirikan base camp untuk para pendaki yang akan menuju Gunung Bawakaraeng.
Sepanjang jalan, mata Anda akan dimanjakan oleh perkebunan sayur, bunga, dan teh.  Bahkan, di sini Anda juga mendapati perkebunan markisa yang menjadi pemasok sirup, oleh-oleh khas jika Anda pulang berkunjung dari Makassar.

Haji Bawakaraeng
   Salah satu hal menarik dari Gunung Bawakaraeng adalah adanya kelompok tertentu yang melaksanakan ibadah haji di puncak gunung ini. Mereka melakukan ritual ini bersamaan dengan waktu pelaksanaan ibadah haji di Mekah sana. Mereka mempercayai bahwa berhaji di Gunung Bawakaraeng bernilai sama dengan berhaji di Mekah. Mereka pun melakukan ritual pada sebuah tempat di puncak Gunung Bawakaraeng.
   Kelompok tersebut tidak hanya berasal dari daerah sekitar, bahkan dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Hebatnya lagi, mereka melakukan pendakian dengan minim peralatan menaklukkan tebing terjal  untuk mencapai puncak. Berbagai makanan dan sesajen pun dipersiapkan pada sebuah batu di puncak yang diyakini kembaran dari Hajar Aswad di Mekah.
Pelaksanaan ibadah ini dapat dipandang sebagai pencampuran kepercayaan lama, ritual mistik dan ajaran Islam.

* Pulau Samalona
    Kota Makassar yang terkenal dengan wisata bahari memang menawarkan berjuta pesona keindahan alami, khususnya pantai. Namun, jarang orang yang tahu sebetulnya banyak sekali pulau-pulau kecil yang indah di sekitar Makassar, salah satunya Pulau Samalona.
    Cara untuk sampai ke Pulau Samalona cukup mudah Anda hanya perlu menyewa perahu dari penduduk sekitar pantai Losari Makassar yang biasanya berprofesi sebagai nelayan atau jasa penyewaan perahu. Harga perahu mulai dari 300 sampai 600 ribu rupiah, pulang pergi untuk 10 orang. Namun, ingat jangan lupa tawar-menawar dengan pemilik perahu. 


   Waktu tempuh untuk sampai ke Pulau Samalona dari Pantai Losari sekitar setengah jam. Sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati hamparan laut biru terbentang luas seakan tak ada batasnya. Anda juga bisa melihat perahu-perahu nelayan yang sedang menangkap ikan.

Keindahan Samalona
  Ketika tiba di Pulau Samalona, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan luas pasir putih pantai, udara sejuk nan bebas polusi, dan pemandangan alam yang masih alami. Bayangkan, air laut yang begitu bening membuat Anda tidak pernah kesulitan untuk melihat indahnya biota laut di dalam sana. 


  Pulau kecil ini hanya berpenghuni sekitar 16 kepala keluarga dan luasnya tidak lebih dari 100 meter persegi.Anda pun bisa menyewa baruga (rumah singgah) yang hanya sekitar 250 ribu rupiah per harinya.
 Anda juga bisa menunggu keindahan matahari terbenam di pesisir pantai sambil mengitari pulau kecil itu. Rasakan lembutnya butiran-butiran pasir putih di telapak kaki sambil sesekali memungut kerang yang terseret ombak. 

* Pulau Hoga


   Keindahan dari pulau Hoga adalah suasana alam bahari yang begitu murni, banyaknya pohon kelapa, dan putihnya pasir pantai yang bersih adalah secuil keindahan yang ditawarkan pulau ini. 
   Beragam jenis ikan dapat Anda temukan disini seperti; Napoleon wrasse, Paramia quinquelineata, Scarus qibbus, S. taeniurus, Amphiprion tricinctus, Chaetodon specullum, dan lain-lain. Jika Anda belum mahir dalam menyelam, Anda bisa sekadar berenang bersama ikan-ikan tersebut 


   Terumbu karang adalah biota laut yang amat indah karena populasinya yang semakin sedikit, maka keberadaannya perlu dilestarikan. Diterumbu karang inilah biasanya ikan-ikan biasa berenang di sekitarnya, seakan-akan sedang bermain-main kejar-kejaran atau petak umpet, sungguh mengasyikkan mengamati gerak gerik ikan di sekitar terumbu karang 


   Transportasi ke pulau Hoga ini cukup mudah Anda hanya perlu menyewa speedboat dengan tarif Rp 150.000 dari dermaga Wanci, Ibukota kabupaten Wakatobi.  

* Pulau Togean 
    Kepulauan Togean merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Selatan. Kepulauan Togean terbentang sepanjang 90 km. Kepulauan ini terdiri atas 6 pulau besar dan  pulau-pulau yang lebih kecil yang jumlahnya mencapai 60 pulau. Kepulauan yang terletak di kawasan Teluk Tomini ini menyimpan kekayaan alam yang sungguh mencengangkan.

 
   Tangkasi (Tarsius Spectrum) adalah binatang bertubuh kecil, hanya seukuran tikus. Tangkasi adalah jenis binatang malam. Kala siang dia tidur. Malam harinya, ia berburu mangsa: jangkerik, kecoa, dan serangga-serangga kecil yang lain. Yang membuat satwa ini begitu istimewa adalah tangkasi hanya dapat ditemukan di Sulawesi.


Beberapa Objek Wisata yang Banyak Dikunjungi
  • Pulau Kadidiri

    Pulau ini memiliki panorama pantai yang sangat indah. Deretan batu karang yang terjal melengkapi pesona tempat ini. Lokasi snorkeling dan menyelam di sini sangat bagus. Tak heran, Pulau Kadidiri menjadi pulau yang paling menyita perhatian wisatawan. Di sini, juga terdapat fasilitas akomodasi, berupa penginapan
    dengan harga terjangkau.

    Sekitar 16 km arah timur laut dari Pulau Kadidiri, tersimpan bukti sejarah Perang Dunia II. Di sini, terdapat reruntuhan pesawat B 24, pesawat pembom milik sekutu. Hingga kini, bangkai pesawat ini masih utuh. Banyak ikan dan terumbu karang tumbuh di reruntuhan pesawat ini.
  • Pulau Taipi

    Inilah surga bagi para pencinta olahraga menyelam. Pulau ini memiliki pemandangan alam bawah laut yang luar biasa cantik. Yang lebih dahsyat adalah dalam jarak lima meter dari garis pantai, pantai di Pulau Taipi sudah ditumbuhi terumbu karang yang menciptakan pemandangan memikat.
    Jadi, tidak perlu menyelam untuk dapat menikmati keindahan terumbu karang ini. Jarak Pulau Taipi dengan Pulau Kadidiri sekitar 4 kilometer.
  • Pulau Una-Una

    Pulau yang satu ini terbilang unik. Pulau Una-Una terbentuk akibat letusan gunung berapi. Hal ini yang akhirnya membuat Pulau Una-Una berbeda dengan gugusan pulau-pulau lain di Kepulauan Togean. Jika hampir seluruh pantai di Kepulauan Togean berpasir putih, pasir pantai di Pulau Una-Una berwarna hitam.
    Di pulau ini, terdapat Gunung Colo, dengan ketinggian sekitar 2.509 meter.
    Gunung Colo merupakan gunung berapi yang hingga kini masih aktif. Pulau Una-Una dipercaya memiliki kawasan untuk menyelam yang terbaik di seluruh Kepulauan Togean.
  • Pulau Batudaka

    Pulau Batudaka adalah pulau terbesar di Kepulauan Togean
    .
    Pulau ini juga paling mudah dijangkau. Di pulau ini, terdapat desa yang bernama Bomba. Bomba merupakan kawasan pemukiman. Jadi, di tempat ini para wisatawan dapat mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Togean. Di kawasan ini juga terdapat hutan bakau dengan panorama yang sungguh memikat, dengan suasana yang sangat tenang.
  • Kundurang

    Kundurang adalah lokasi pemancingan ikan laut. Kundurang berlokasi di tengah laut karang. Degradasi warna air membuat di tempat ini benar-benar menawan. Karang-karang di tempat ini sungguh menakjubkan. Sangat indah dan dapat dilihat dari atas perahu karena air yang sangat jernih.

  • Pulau Siatu

    Pulau ini dihuni oleh Suku Bajo. Jadi, di tempat ini wisatawan akan disuguhi eksotika pemukiman Suku Bajo. Suku Bajo adalah suku laut yang legendaris. Suku ini sangat terkenal sebagai pelaut ulung. Warga Suku Bajo bahkan membangun perkampungan mereka menjorok ke arah lautan.
Masih banyak keindahan alam lainya yang belum bisa saya sebutkan disini.


Artikel Terkait



0 Tinggalkan Komentar Anda:

Posting Komentar